Panduan Cara Membuat Website Dengan Wordpress

Membahas pengetahuan umum mengenai metode membuat web untuk bisnis dengan gampang, tanpa wajib paham bahasa pemrograman. Dalam postingan ini, Kami hendak menjelaskan secara step- by- step tentang gimana metode membuat web secara gampang dengan memakai WordPress tentunya dengan menggunakan hosting di www.domainesia.com/hosting.


Pengertian WORDPRESS


WordPress merupakan suatu aplikasi yang mempermudah penggunanya buat mengelola web lewat online. Dini mulanya, WordPress cuma digunakan buat media blogging. Tetapi bersamaan pertumbuhan era, WordPress berganti jadi jadi aplikasi Content Management System( CMS) yang bisa digunakan buat aplikasi di luar web. Semacam web buat bisnis, online shop, serta lain- lain.


Pada dasarnya, WordPress dibagi jadi 2 tipe, ialah wordpress. org serta wordpress. com. Perbedaannya merupakan, wordpress. org merupakan self hosted, sebaliknya wordpress. com merupakan website hosted. WordPress. org biasanya digunakan oleh para website pengembang yang sudah menguasai bahasa pemrograman dengan memakai hosting sendiri. Sebaliknya wordpress. com lebih gampang dimengerti oleh orang awam.


Kenapa WordPress dapat sedemikian populernya?


Alasan utamanya ialah sebab proses pembuatannya sangat gampang, semacam yang telah aku nyatakan tadi. Apalagi orang yang baru tahu pc juga dapat membuat web dalam 5 menit dengan WordPress.


Tidak hanya itu, pula sebab free.


Tetapi bukan cuma itu, inilah alibi utama mengapa website- website besar memakai WordPress:


Dengan WordPress, kita tidak butuh membangun web dari nol sehingga banyak waktu serta tenaga yang dapat dihemat


WordPress dapat dimodifikasi secara leluasa serta tanpa batasan cocok kebutuhan sang owner web, baik secara tampilan ataupun fitur


Banyak theme serta plugin yang ada sehingga kamu dapat mengganti tampilan serta serta meningkatkan fitur walaupun tidak mengerti sedikit juga tentang programming


Proses belajarnya sangat mudah


WordPress terus dibesarkan serta diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia


WordPress memiliki komunitas pengguna terbanyak. Jika kamu hadapi kesusahan, jawabannya dapat ditemui dengan gampang di internet


Dengan alasan- alasan tersebut, semenjak 2003 hingga saat ini WordPress senantiasa jadi CMS yang sangat terkenal.


Pada awal mulanya, WordPress cuma digunakan buat membuat blog.


Ttapi saat ini WordPress pula kerap digunakan bagaikan web dengan guna lain, misalnya web komunitas, jual beli, direktori, portfolio, profil industri, serta lain- lain.


Saat sebelum mengawali membuat web, dibutuhkan 2 perlengkapan, ialah domain serta pula hosting. Singkatnya domain merupakan alamat web, yang jadi brand kita di internet. Sebaliknya hosting digunakan buat menyimpan file web. Apabila Kamu belum memilikinya, silahkan melaksanakan pemesanan terlebih dulu paket hosting di domainesia.com.


Baik, ayo kita mulai membuat web memakai WordPress.


1. Install WordPress


Hingga di langkah ini, yakinkan Kamu telah mempunyai domain dan hosting. Buat menginstall WordPress sangatlah gampang. Kamu dapat jalani dari panel hosting.


2. Ubah Theme WordPress


Lanjut ke langkah berikutnya, sehabis WordPress telah sukses diinstall, silahkan Kamu login ke taman admin WordPress. Triknya, Kamu dapat login ke admin web memakai url namadomain. com/ admin berikutnya masukkan user serta password cocok yang Kamu tentukan kala melaksanakan instalasi.


Buat melaksanakan instalasi theme WordPress, terdapat 2 metode. Yang awal, melaksanakan instalasi langsung dari taman admin web. Yang kedua, apabila file theme lumayan besar( lebih dari 10MB), Kamu dapat menginstalnya secara manual.


3. Install Plugin di WordPress


Sehabis theme berakhir di install, langkah berikutnya merupakan instalasi Plugin WordPress pendukung. Install Plugin dapat Kamu jalani langsung dari admin WordPress. Saran plugin yang Kamu pakai antara lain.


  • Plugin SEO: Yoast SEO/ Platinum SEO/ All in One SEO.
  • Plugin Cache: LiteSpeed Cache
  • Plugin Form: Ninja Form
  • Plugin Sitemap: Google XML Sitemaps
  • Plugin SMTP: Digunakan buat form kontak.
  • Plugin Toko Online: WooCommerce( optional) apabila memerlukan web toko online tetapi tidak didukung oleh theme.


Plugin diatas merupakan plugin yang direkomendasikan. Apabila Kamu hendak memakai plugin yang lain, dipersilahkan.


4. Mmbuat Taman( Page)


Langkah berikutnya merupakan membuat taman. Pada menu taman ini, nantinya dapat diisi dengan“ Tentang Kami”,“ Mendatangi Kami”,“ Kontak”. Buat buatnya Kamu silahkan masuk menu Pages


Add New Pages.


Buat pengaturan menunya, bisa jadi mau membuat sub menu, nanti dapat dicoba dari Appearanc


Menus.


5. Posting Artikel


Terakhir saatnya membuat postingan/ web. Buat buatnya silahkan dicoba dari taman Post


Add New Post. Berikutnya Kamu hendak menciptakan taman semacam foto dibawah.


Tampilannya sederhana serta lumayan gampang buat digunakan. Pada bagian Title silahkan ditulis judul postingan Kamu. Panduan nya, buat judul memiliki kata kunci. Buat perinci deskripsi, dapat Kamu tulis di bagian bawahnya. Upayakan deskripsi pula memiliki kata kunci yang Kamu incar.


Jangan kurang ingat memilah jenis pada menu sebelah kanan. Tidak hanya itu isi tags bagaikan turunan kata kunci yang Kamu incar.


Featured Images pula begitu berarti. Foto inilah yang hendak ditampilkan kala postingan tersebut di share di Medsos ataupun Platform Chat. Saran ukurannya antara lain;


  • 600 x 315 px
  • 900 x 472 px
  • 1200 x 630 px


6. Mendaftarkan Web Ke Google


Google Console ataupun yang diucap Google Webmaster, merupakan salah satu tools Google yang biasa digunakan para owner web buat berbicara dengan Google. Lewat tools ini, taman web Kamu hendak lebih gampang dikenali oleh Google. Silahkan mendaftarkan websitenya ke Google dengan menjajaki panduan Metode Verifikasi Domain ke Google Search Console Lewat File HTML.  

No comments