Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Kirim Barang

Baru pertama kali kirim barang ke luar negeri? Banyak dari kita yang merasa tidak tenang ketika kirim barang berbeda negara. Karena adanya peraturan dan kebijakan di setiap negara membuat proses pengiriman bisa saja mengalami masalah. Selain mengandalkan jasa kirim barang terpercaya, sebagai pihak pengirim wajib sekali memahami alur pengiriman barang.


Kemudian juga ada hal-hal mendasar yang perlu diperhatikan agar prosesnya semakin lancar dan aman. Sehingga Anda tidak mengalami kerugian atau tertimpa masalah yang membuat barang tidak bisa diterima oleh pihak penerima.

Pahami Alur Pengiriman Barang Sesuai Standar

Sebenarnya tahapan dalam alur pengiriman sudah ada standarnya. Tetapi secara rinci, setiap proses kirim yang berdasarkan layanan dari pihak jasa bisa berbeda-beda. Karena mereka memiliki mekanisme pengiriman khusus. Jadi, lebih baik memperhatikan hal-hal berikut ini agar lebih mengerti mengenai alur kirim barang.

1.     Lamanya Waktu Pengiriman

Lamanya waktu kirim barang dari dan ke luar negeri sangat beragam. Pertama, bergantung pada jalur pengiriman yang dipilih, bisa melalui darat, laut, serta udara. Selain itu dari segi layanan pun sudah ada estimasi barang sampai ke tangan penerima dalam waktu yang berbeda.

 

Standar pengiriman ke luar negeri sekitar satu dua minggu. Waktu bisa saja lebih cepat, tergantung pada layanan pengiriman, juga kelancaran proses melalui tahapan imigrasi atau bea cukai.

2.     Beragam Layanan yang Memenuhi Kebutuhan

Ingin barang sampai tepat waktu atau dalam waktu cepat? Anda  bisa pilih layanan dari jasa kirim barang dengan sistem yang memang lebih cepat. Pihak penyedia jasa umumnya menawarkan beberapa pilihan layanan dan penggunaan ekspedisi yang mana masing-masing memiliki waktu proses beragam

 

Biasanya semakin cepat proses pengiriman atau semakin cepat barang bisa sampai ke tangan penerima, semakin memakan biaya yang lebih tinggi dalam layanan. Tenang, banyak sekali penyedia jasa yang memasang tarif terjangkau dengan layanan yang cukup bisa dipertimbangkan.

3.     Perhitungan Biaya

Berikutnya Anda perlu hitung biaya kirim, maupun biaya-biaya yang bisa saja diminta. Misalnya biaya pajak tambahan. Mengirim barang ke luar negeri memang tidak semudah mengirim barang antar kota dalam negeri, tetapi ada sejumlah kebijakan yang harus dipenuhi. Termasuk biaya pajak yang bisa saja dikenakan dan terhitung cukup tinggi.

 

Bahkan bisa melebihi harga barang yang dikirim itu sendiri. Mungkin Anda sering mendengar ada yang berbicara mengenai biaya kirim yang lebih  mahal dibandingkan harga barangnya. Ini sering sekali terjadi. Tentu akan menjadi satu pertimbangan besar bila barang yang dikirim merupakan barang jual atau produk yang akan diperjual-belikan.

4.     Layanan Pengemasan Barang

Setiap tempat jasa kirim pun umumnya memiliki layanan pengemasan barang atau paket yang sudah disesuaikan standar agar barang aman selama proses pengiriman. Tetapi jika Anda ingin kemas sendiri pun boleh-boleh saja. Hanya yang perlu diketahui, nantinya paket akan tetapi dibuka kembali oleh pihak bea cukai dan imigrasi untuk diperiksa.

 

Apakah barang sesuai seperti dalam data, apakah isi paket berdasarkan informasi dan tidak ada barang tambahan yang berbahaya di dalamnya, serta apakah nilai barang seperti apa yang tertulis. Jadi memang disarankan tidak perlu membungkus barang dengan berlebihan hingga berlapis-lapis.

Perlu juga diperhatikan jika andalkan jasa kirim barang yaitu sistem pelayanannya bagaimana, apa bisa door to door atau adakah layanan penjemputan dan pengantaran barang. Khususnya bagi Anda yang tidak banyak waktu untuk mengurusnya ke tempat ekspedisi atau jasa terdekat.

No comments