Dapat Terkena COVID-19, Ini Tanda-tanda yang Akan Ada pada Anak-Anak

Walaupun tidak memperlihatkan tanda-tanda yang kronis seperti orang dewasa, beberapa anak dapat juga terkena virus corona atau COVID-19. Tanda-tanda yang ada pada anak ini tidak tidak sama jauh dari orang dewasa walaupun tidak sampai step beresiko.



Dokter Darmawan Budi Setyanto, spesialis anak dari Unit Kerja Pengaturan Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI ) menjelaskan, tanda-tanda sistemik COVID-19 pada anak dapat berbentuk demam, rasa tidak enak tubuh seperti nyeri di tulang.

" Ini yang kita melihat pada anak kecil, anaknya jadi rewel, " kata Darmawan.

" Selanjutnya nafsu makan alami penurunan. Ini ialah tanda-tanda infeksi pada umumnya. Demam serta kawan-kawannya, " Darmawan memberikan tambahan.

Disamping itu, tanda-tanda dapat ada pada aliran napasnya. Darmawan mengutarakan beberapa keadaan yang kemungkinan berlangsung seperti batuk, pilek, atau suara napas yang mengeluarkan bunyi grok grok.

" Itu saat proses penyakitnya cuma tentang alirannya. Tapi saat telah terkena paru-parunya yang pneumonia, karena itu dibarengi tanda-tanda sesak, " kata Darmawan menerangkan.

Walau bagaimanapun, ia memperingatkan jika COVID-19 ialah penyakit yang baru. Hingga, masih perlu diketahui betul-betul tanda-tanda spesifiknya pada anak.

" Ada laporan di luar negeri yang terjadi masalah terlebih dulu, itu pada beberapa anak lumayan banyak yang tidak dengan diawali demam. Jadi cuma tanda-tanda aliran napas, batuk pilek, selanjutnya rupanya dicheck terkonfirmasi COVID-19, " kata Darmawan.

Ia menerangkan, belum diketahui apa anak yang terserang COVID-19 di umur muda akan alami keadaan khusus seperti penurunan peranan paru atau mungkin tidak di hari esok.

" Kita belum dapat menjawab, seperti pertanyaan awal barusan apa akan memunculkan tanda-tanda tersisa atau mungkin tidak pada yang terkena pneumonia, kita belum dapat menjawab tepatnya seperti apa sebab sedikit masalah pada anak yang disampaikan, " pungkasnya.

No comments